Briptu Norman Kamaru



Briptu Norman Kamaru, itulah nama yang sedang naik daun belakangan ini. Berkat aksinya yang sangat menghibur di Youtube, dia menuai banyak pujian sekaligus ancaman sanksi dari atasanya. Saking terkenalnya nama Briptu Norman Kamaru bahkan untuk sementara waktu berhasil menyisihkan nama lain yang juga sedang ramai diperbincangkan, Melinda Dee.

Menurut Koran Tempo Rabu (6/4), Norman, 26 tahun, baru setahun lima bulan menjadi polisi. Pria kelahiran Gorontalo itu menyanyikan Chaiyya Chaiyya sambil duduk dan berjoget di pos rumah dinas milik Brimob di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Kata AKBP Wilson Damanik, Norman memang dikenal suka menyanyi lagu India. "Kalau ada acara di Polda, ia selalu menyumbangkan lagu," ujarnya. Norman, kata dia, tengah menghibur temannya untuk mengusir kejenuhan saat piket.

Norman mendapat banyak pembelaan. Anggota Komisi Kepolisian Nasional, Novel Ali, mengatakan sanksi apa pun untuk Norman tidaklah tepat. Memang, kata dia, selama berseragam polisi dilarang cengengesan atau bernyanyi. Tapi Norman tak melakukan pelanggaran signifikan. "Polisi itu juga tak sedang mabuk atau menggunakan narkoba," kata dia.

Di ranah maya, dukungan untuk Norman mengalir. Selain di Facebook dan Twitter, juga di artikel Yahoo!, bahkan dari 10 ribuan komentar pada Rabu pagi, sebagian besar memberi apresiasi terhadap aksi Norman.

Komentar seorang pengguna Yahoo! bernama Novan S, video Norman justru memberi kesan bersahabat terhadap sosok polisi atau Brimob. Sehingga, kata Novan, ketika melihat polisi orang tak hanya mengingat "ditilang", "galak", atau justru mengingatkan diri agar jangan melihat polisi karena "bahaya".


Aksi berikutnya dari Briptu Norman tidak seperti video sebelumnya yang diambil saat ia masih mengenakan seragam di waktu piket di kantor Polda Gorontalo. Kali ini Briptu Norman menggunakan baju biasa, berlokasi di sebuah ruangan seperti tempat kediaman.

Briptu Norman pun kali ini tidak melakukan lipsync, ia bernyanyi dengan iringan gitar. Namun bukan dirinya yang menjadi penyanyi utama, melainkan teman yang berada di sebelahnya. Ya, Briptu Norman hanya bertugas memetik gitar dan sedikit bernyanyi rap, sedangkan vokal utama dipegang oleh sang teman yang berada di sebelahnya.

Lengkap dengan penutup kepala, Briptu Norman dan temannya bernyanyi lagi milik Kerispatih yang berjudul Kita dan Dunia.

Sejak diposting di YouTube pada 5 April kemarin, tercatat baru sekira 309 pengunjung telah melihat video ini. Dari angka tersebut 41 orang mengaku menyukainya dan belum ada satupun yang mengklik 'dislike'.

Dari 19 komentar yang masuk hampir semua memuji suara indah milik Briptu Norman dan rekannya ini dalam video bertajuk 'Polisi Gorontalo Idol'. Bahkan ada beberapa yang membanding-bandingkan aksi mereka lebih bagus dan natural ketimbang aksi boyband Indonesia macam Sm*sh.

"Jaya Selalu Briptu Norman. Kehidupan layaknya Koin yang mempunyai dua sisi,sama seperti saudara. Sukses? di kepolisian dan lancar juga dalam dunia tarik suara. bravo Briptu Norman!" tulis pengunjung dengan nama akun Arderiohukom.

"Haha.. mantap? pak pol.. suaranya mantap..." ujar pengunjung bernama Irfanodahlimi

3 komentar:

engkicot mengatakan...

nah polisi yg ginian yg hrs kita support...bukan yg ngumpet disamping warung kopi sambil siap2 nyemprit.

MarsamSusetya mengatakan...

Itu hanya ulah dari segelintir oknum, Bro Engkicot...
BTW, thanks atas kunjunganya

musafirmuda islam mengatakan...

Ya bener saya setuju ama engkicot. Banyak polisi yg yg hanya ngumpet dan tiba2 muncul mencari manga. Heheh

Poskan Komentar